Efektivitas Modul Sistem Koloid Berbasis Pendekatan Saintifik Dengan Pertanyaan Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Carelin Anggun Marnesya
Ellizar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan efektivitas penggunaan modul sistem koloid berbasis pendekatan saintifik dengan pertanyaan probing-prompting terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA di SMAN 3 Batusangkar. Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari penelitian R & D. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu (quasi exsperiment research) dengan desain randomized control group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling, terdapat dua kelas yang digunakan dalam penelitian yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen belajar menggunakan modul sistem koloid berbasis pendekatan saintifik dengan pertanyaan probing-prompting sedangkan kelas kontrol belajar menggunakan modul yang disediakan sekolah. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan uji efektivitas (uji N-Gain), uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji t). Dari analisis data dapat diungkapkan bahwa nilai N-gain kelas eksperimen yang belajar dengan modul probing prompting adalah sebesar 0,96 dengan tingkat efektivitas kategori tinggi dan kelas kontrol yang belajar tanpa menggunakan modul probing prompting dengan nilai 0,71 dengan tingkat efektivitas kategori tinggi. Setelah dilakukan uji-t pada taraf nyata 0,05 didapatakan bahwa harga thitung lebih besar dari ttabel. Hal ini ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan modul sistem koloid berbasis pendekatan saintifik dengan pertanyaan probing prompting lebih tinggi secara signifikan daripada siswa yang tidak menggunakan modul sistem koloid berbasis pendekatan saintifik dengan pertanyaan probing prompting.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Marnesya, C. A. and Ellizar (2020) “Efektivitas Modul Sistem Koloid Berbasis Pendekatan Saintifik Dengan Pertanyaan Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(4), pp. 80-85. Available at: https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/307 (Accessed: 18April2024).

References

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorta Jendral Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah, Direktorta Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
Diaputri, Ajeng, dkk. 2013. Pengaruh Model Pembeljaran Probing-Prompting Berbantuan Lembar Kerja Berstuktur Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia.Vol 7. Nomor 1. 1103-1111.
Ellizar. 2009. Models Of Teaching By Contructivism Approach With Module. Jurnal Kependidikan Triadik. Vol.12 No.1.14.
Jacobsen, D.A, Paul, E., Donald, K. 2009. Methods For Teaching. USA: Person Education.
Mayasari, Y, dkk. 2014. Penerapan Teknik Probing-Prompting Dalam Pembelajaran Matematika Peserta Didik Kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Padang. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.2.56-61.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Bandung: Alfabeta.