Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Kue Brownies Melalui Metode Pembelajaran Langsung bagi Anak Tunarungu

Main Article Content

Siti Nur Ainun
Martias Z

Abstract

Berdasarkan temuan di lapangan, seorang anak tunarungu yang mempunyai keterampilan dari macam-macam bidang keterampilan dan salah satunya memiliki dasar keterampilan dalam membuat kue. Dalam penerapannya diperlukan adanya pengajaran untuk meningkatkan keterampilan anak tunarungu agar mahir dalam membuat kue brownies yang memiliki nilai jual. Disekolah, keterampilan dalam membuat kue brownies sudah diajarkan akan tetapi anak belum mahir dalam membuat kue ini, dibuktikan pada asesmen awal anak, ada beberapa bahan dan alat yang belum diketahui oleh anak serta takaran-takaran dalam membuat kue brownies yang masih belum dipahami oleh anak. Diperlukan sebuah strategi atau metode pembelajaran yang digunakan dalam meningkatkan keterampilan membuat kue brownies bagi anak tunarungu. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan vokasionl membuat kue brownies bagi anak tunarungu kelas VIII di SLBN 1 Padang menggunakan metode pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan Single Subject Research (SSR), dengan desain yang digunakan ialah A-B-A. untuk tolak pengukuran data dan pengumpulan data dalam penelitian ini pada kondisi baseline (A1) yang dilakukan sebanyak 5 kali, dilakukan pemberian tindakan atau intervensi (B) sebanyak 8 kali, dan dilakukan pengamatan kondisi anak setelah diberikan tindakkan atau intervensi/ baseline (A2) sebanyak 5 kali pengamatan. Pada penelitian ini, teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa observasi dan tes. Dari hasil pengumpulan data diperoleh hasil bahwa kondisi kemampuan keterampilan vokasional membuat kue brownies bagi anak tunarunggu menunjukkan nilai positif. Selanjutnya, hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran langsung terdapat peningkatan keterampilan vokasional membuat kue brownies bagi anak tunarungu.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ainun, S. N. and Martias Z (2020) “Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Kue Brownies Melalui Metode Pembelajaran Langsung bagi Anak Tunarungu”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(1), pp. 36-40. doi: 10.31933/rrj.v3i1.320.
Section
Education

References

Atmaja, Jati Rinakri. 2017. Pedidikan Dan Bimbingan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Eka Utari, Ni Ketut Sri. 2016. “Peningkatan Pemahaman Siswa Tunarungu Menggunakan Model Pembelajaran Langsung Bermedia Gambar.” Inclusive: Journal of Special Education II(01): 33–61.
Kosasih, E. 2012. Cara Bijak Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Yrama Widya.
Marlina. 2015. Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press.
Setianingsih, Wahyu Eko. 2018. “Pelatihan Pembuatan Brownies Kukus Dan Sistem Pemasarannya Dalam Rangka Peningkatan Pendapatan Ibu-Ibu Pkk.” Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS 4(2): 140.
Suprijono, A. 2015. Cooperative Learning. Yogyakarta: ARCITRA,Ed.