Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Kue Brownies Melalui Metode Pembelajaran Langsung bagi Anak Tunarungu

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Siti Nur Ainun
Martias Z

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan vokasional pembuatan brownies untuk anak tunarungu kelas VIII di SLBN 1 Padang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan Single Subject Research (SSR), dengan desain yang digunakan A-B-A. menolak pengukuran data dan pendataan dalam penelitian ini pada kondisi baseline (A1) yang dilakukan sebanyak 5 kali, tindakan atau intervensi (B) diberikan sebanyak 8 kali, dan kondisi anak diamati setelah diberikan tindakan atau intervensi/ baseline (A2) 5 pengamatan. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data dilakukan dalam bentuk observasi dan tes. Berdasarkan observasi dan tes yang dilakukan dalam teknik pengumpulan data, diperoleh hasil analisis data yang menunjukkan kondisi kemampuan keterampilan kejuruan membuat brownies untuk anak tunarungu adalah positif. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, menunjukkan bahwa metode pembelajaran langsung dalam meningkatkan keterampilan vokasional pembuatan brownies untuk anak tunarungu mengalami peningkatan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ainun, S. N. and Martias Z (2020) “Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Kue Brownies Melalui Metode Pembelajaran Langsung bagi Anak Tunarungu”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(1), pp. 25-29. doi: 10.38035/rrj.v3i1.320.

References

Atmaja, Jati Rinakri. 2017. Pedidikan Dan Bimbingan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Eka Utari, Ni Ketut Sri. 2016. “Peningkatan Pemahaman Siswa Tunarungu Menggunakan Model Pembelajaran Langsung Bermedia Gambar.” Inclusive: Journal of Special Education II(01): 33–61.
Kosasih, E. 2012. Cara Bijak Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Yrama Widya.
Marlina. 2015. Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press.
Setianingsih, Wahyu Eko. 2018. “Pelatihan Pembuatan Brownies Kukus Dan Sistem Pemasarannya Dalam Rangka Peningkatan Pendapatan Ibu-Ibu Pkk.” Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS 4(2): 140.
Suprijono, A. 2015. Cooperative Learning. Yogyakarta: ARCITRA,Ed.