Efektivitas Media Pembelajaran Papan Penjumlahan dalam Meningkatkan Kemampuan Operasi Penjumlahan pada Anak Berkesulitan Belajar

Main Article Content

Dinda Laili Sarah Matondang
Martias Z

Abstract

Tujuan Penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan operasi penjumlahan melalui media pembelajaran papan penjumlahan bagi anak berkesulitan belajar kelas III SD N 11 Pauh Padang. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian kuantitatif melalui metode eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan pada subjek tunggal (Single Subject Research atau SSR) dengan desain A1-B-A2. Hasil penelitian menunjukkan pada kondisi baseline (A1) kemampuan anak naik turun berkitsar 5 % hingga 50% kondisi intervensi (B) berkisar antara 25% hingga 75% dan pada baseline (A2) sudah pada posisi stabil yaitu 100%. Data yang telah diperoleh memperlihatkan bahwa pengaruh intervensi menggunakan media papan penjumlahan efektif dalam meningkatkan kemampuan operasi penjumlahan pada anak berkesulitan belajar (X) kelas III di SD N 11 Pauh Padang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Matondang, D. L. S. and Martias Z (2020) “Efektivitas Media Pembelajaran Papan Penjumlahan dalam Meningkatkan Kemampuan Operasi Penjumlahan pada Anak Berkesulitan Belajar”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(1), pp. 126-130. Available at: https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/334 (Accessed: 3December2022).
Section
Education

References

Indriani, D. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. (Rusdianto, Ed.). Jogjakarta: Diva Press (Anggota Ikapi).
Jamaris, M. 2009. Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Jakarta: Yayasan Penamas Murni.
Kpolovie, P. 2016. Single-Subject Research Method : The Needed Simplification. Universuty of Port Harcourt, (Nigeria).
Robertus. 2017. Pengembangan Media Papan Penjumlahan Pada Materi Pokok Penjumlahan Dalam Subtema Gemar Berolahraga Untuk Siswa Kelas I Sekoalah Dasar. Sanata Dharma Yogyakarta.
Z, A., & Marlina, M. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Deaf Logic Dalam Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan Bilangan Pada Siswa Tunarungu. PAKAR Pendidikan, 17(2), 67-80. Retrieved from http://pakar.pkm.unp.ac.id/index.php/pakar/article/view/110
Sunanto, J. 2005. Pengantar Pendidikan Dengan Subyek Tunggal. Cried: University Of Tsukuba.
Sundayana, R. 2015. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematiaka. (I. Komariah & D. Nurjamal, Eds.). Bandung: CV Alfabeta.