Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Google Site pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik untuk Kelas XI Titl di SMKN 2 Payakumbuh

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

M. Eko Yolanda Saputra
Hansi Effendi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik dengan menggunakan software Google site di SMK Negeri 2 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development). Data diambil dengan menggunakan kuesioner dengan teknik analisis persentase. Berdasarkan hasil penelitian, nilai keempat validator sebesar 88,81% dengan kategori sangat valid. Responden dari dua orang guru mata pelajaran Instalasi Motor Listrik pada kepraktisan media memperoleh skor rata-rata 91,10% dengan kategori sangat praktis. Hasil keefektifan diperoleh dari nilai posttest siswa setelah menggunakan media pembelajaran menggunakan situs Google dengan nilai rata-rata 85%.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Yolanda Saputra, M. E. and Effendi, H. (2021) “Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Google Site pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik untuk Kelas XI Titl di SMKN 2 Payakumbuh”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(4), pp. 252-257. doi: 10.38035/rrj.v3i4.410.

References

Depdiknas. (2013). Undang-undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Desa dan Menengah.
Hanif, A. (2021). Pengembangan modul sistem kontrol terprogram untuk sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JPTE), 1(1), 138 – 141.
Muyaroah, S., & Fajar, T. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis android dengan menggunakan adobe flash CS 6 pada mata pelajaran bilogi. Innovative Journal Of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 79-83.
Prasetia, D. (2017). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran interaktif pada mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik kelas X TITL A di SMK Negeri 1 Padang. Skripsi. Universitas Negeri Padang.
Putra, R. P. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif microsoft power point pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik (PDE) Kelas X Teknik Instalasi Tenaga LIstrik di SMKN 1 Guguak. Skripsi. Padang: Universitas Negeri Padang.
Rafsanjani, A.(2019). Media pembelajaran interaktif pada Mmata pelajaran instalasi motor listrik. Skripsi. Padang: Universitas Negeri Padang.
Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Riduwan. (2011). Belajar Mudah Penelitian Untuk-Karyawan Dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.