Pelaksanaan Pendampingan Online Single Sub-Mission (Oss) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Dpm-Ptsp) Provinsi Sumatera Barat

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Diki Mulya Putra
Jumiati Jumiati

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan Pelayanan Perizinan Berusaha Online Single Submission (OSS) Di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sumatera Barat serta untuk mengidentifikasi hambatannya.  Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Dengan fokus penelitian pendampingan OSS pada DPMPTSP Sumatera Barat terdiri dari pendaftaran izin usaha, penerbitan izin usaha, pelaku usaha melakukan pemenuhan komitmen, fasilitasi, serta dengan memperhatikan hambatan dalam pelaksanaanya. Teknik yang digunakan yakni purposive sampling dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi kepada key informan dan informan yakni Kepala Seksi Perizinan serta Staf Operator OSS dan pelaku usaha yang menggunakan layanan pendampingan OSS di DPMPTSP Sumatera Barat. Hasil penelitian disimpulkan bahwa pelaksanaan pelayanan perizinan ber saha OSS pada DPMPTSP Sumatera Barat yang mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 24 tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik belum berjalan maksimal karena masih terjadinya kesenjangan digital kurangnya pemahanan pelaku usaha dalam menggunakan sistem OSS dari segi pendaftaran dan pengisian data pada proses penerbitan izin usaha. Dari segi pelaku usaha melakukan pemenuhan komitmen belum terintegrasinya pengurusan perizinan yang dibutuhkan untuk memenuhi komitmen. Dari segi fasilitas DPMPTSP Sumatera Barat kurang dalam hal jumlah operator OSS yang melayani pendampingan OSS. Serta dari segi pengawasan belum dilakukan pengawasan terhadap pelaku usaha yang belum menyelesaikan pemenuhan komitmen oleh DPMPTSP Sumatera Barat. Hambatan dalam pelaksanaanya adalah adanya kesenjangan digital dari pelaku usaha, terjadi gangguan jaringan internet dan server dari sistem OSS.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Mulya Putra, D. and Jumiati, J. (2022) “Pelaksanaan Pendampingan Online Single Sub-Mission (Oss) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Dpm-Ptsp) Provinsi Sumatera Barat”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 4(2), pp. 164-172. doi: 10.38035/rrj.v4i2.453.

References

Arrum, Desi Arianing. 2019. Kepastian Hukum Dalam Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (Online Single Submission) Di Indonesia. Jurist-Diction Law Jurnal Vol 2 Nomor 5 p-ISSN 2721-8392, e-ISSN 2655-8297.
Ayunda, Rahmi. 2021. Kebijakan Online Single Submission sebagai E-Government dalam Mewujudkan Good Governance di Indonesia. Jurnal Of Judicial Review E-ISSN 2774-5414.
Dawud, J., Abubakar, R. R. T., & Ramdani, D. F. (2020). Implementasi Kebijakan Online Single Submission Pada Pelayanan Perizinan Usaha (Studi Kasus Di DPMTSP Kota Bandung & Kabupaten Bandung). Publica: Jurnal Pemikiran Administrasi Negara, 12(2), 83-92.
Dewi, M. P., Tuswoyo, T., Gofur, A., & Hendarto, D. (2020). Sosialisasi dan Pendampingan Penggunaan Online Single Submission pada Pelaku Usaha Kecil dan Menengah di Kota Depok. Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 34-39.
Fadhilah, A. N., & Prabawati, I. (2019). Implementasi Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Online Single Submission (Oss) Studi Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Dpmptsp) Kabupaten Nganjuk. Publika, 7(4).
Izhandri, Shandi dan Dessy Agustina Harahap. 2020. OSS dan Perkembangannya di Indonesia. Medan:Universitas Medan.
Kusnadi, I. H., & Baihaqi, M. R. (2020). Implementasi Kebijakan Sistem Online Single Submission (OSS) Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) di Kabupaten Subang. The World of Public Administration Journal.
Nurdin Usman, 2002, Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum, Bandung : CV Sinar Baru.
Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. 2018. Pedoman Perizinan Berusaha Melalui Sistem OSS.
Rahayu, F. P., Paselle, E., & Khaerani, T. R. (2021). Pelaksanaan Pelayanan Perizinan Berusaha Online Single Submission (OSS) Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Samarinda. vol, 9, 5018-5032.
Robby, Uchaimid Biridlo’i dan Wiwin Tarwini. 2019. Inovasi Pelayanan Perizinan M Elalui O Nline S Ingle S Ubmission (Studi Pada Izin Usaha Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DMPTSP) Kabupaten Bekasi. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik dan Pembangunan (ADMINISTRATIO) Volume 10 Nomor 2, p-ISSN : 20870825, e-ISSN : 25486977.
Suhayati, Monika. 2018. Permasalahan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (Online Submission System). Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual dan Strategis Vol X nomor 23.
Sanjoyo, S., Sapriani, S., Setiawan, A., & Suroyya, S. (2020). Perizinan Berusaha Melalui Online Single Submission Sebagai Ketaatan Hukum Dalam Rangka Meningkatkan Investasi. Borneo Law Review Journal, 4(1), 64-78.
Yeni, M., & Yanti, I. D. (2021). Kegiatan Pendampingan, Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) Melalui Online Single Submission (OSS) bagi anggota koperasi permaisuri mandiri di kota banda aceh. J-abdi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(3), 175-188.
Yuwita, N., Astutik, S., Badriyatul, S., & Rahayu, S. (2021). Pendampingan Legalitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah Melalui Sistem Online Single Submission di Desa Lemahbang Kecamatan Sukorejo. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 41-48.