Implementasi Radius Fillet Pada Poros Penggerak Transfer Carriage

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ahmad Aidil Rasyid
Firman Alhaffis

Abstract

Implementasi radius fillet pada poros penggerak transfer carriage merupakan hal yang penting dalam industri kelapa sawit untuk meningkatkan daya tahan dan mengurangi kerusakan yang sering terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data, melakukan analisis statik, dan mengevaluasi pengaruh implementasi radius fillet terhadap beban torsi dan lentur. Dengan menggunakan perangkat lunak Ansys, dilakukan simulasi untuk menganalisis dampak variasi radius fillet yang berbeda. Hasil menunjukkan bahwa radius fillet sebesar 11 mm memberikan hasil simulasi yang paling baik, dengan safety factor mencapai 3.5649 dibandingkan dengan 2.0337 dengan radius 1 mm. Penelitian ini memberikan kontribusi penting untuk mengurangi kerusakan pada transfer carriage dan meningkatkan efisiensi pabrik pengolahan kelapa sawit.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rasyid, A. A. and Alhaffis, F. (2024) “Implementasi Radius Fillet Pada Poros Penggerak Transfer Carriage”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 6(4), pp. 493-497. doi: 10.38035/rrj.v6i4.843.

References

Afif, M. M. (2020). Simulasi pembebanan gaya berat pada shaft crusher machine di pabrik PT. XXX dengan metode elemen hingga. Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Chandra, H. (2021). Investigasi tegangan pada poros bertingkat menggunakan metode elemen hingga berbasis computer aided engineering. Austenit.
Jeadi, R. P., & Andoko, A. (2021). Failure analysis of railway freight car axle with finite method element. Mechanical Engineering Department, State University of Malang.
Hidayat, W. (2019). Klasifikasi dan sifat material teknik serta pengujian material.
Nasmi Herlina Sari. (2018). Material teknik.
PC Khonke. (1982). ANSYS.
Mendrofa, A. (2019). Laporan kerja praktek sistem produksi di PT Perkebunan Nusantara IV Pabrik Kelapa Sawit (PKS) Pasir Mandoge Asahan, Sumatera Utara. Universitas Medan Area.