EFEKTIVITAS KINERJA BPBD KABUPATEN TANAH DATAR DALAM MELAKUKAN MITIGASI TERHADAP RESIKO BENCANA LETUSAN GUNUNG API MARAPI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Randa Martha Zona
Dasman Lanin
Zikri Alhadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan (1) efektivitas kinerja BPBD di Kabupaten Tanah Datar dalam mitigasi gunung api Marapi. (2) Faktor pendukung dan penghambat bagi BPBD Kabupaten Tanah Datar dalam melakukan mitigasi bencana gunung api marapi. (3) Mengetahui upaya yang dilakukan oleh BPBD Kabupaten Tanah Datar dalam mengatasi mitigasi bencana letusan gunung api marapi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik Purposive Sampling, yaitu menentukan informan dengan pertimbangan tertentu yang dianggap mampu memberikan data maksimal. Data ini penulis kumpulkan dengan melakukan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi menggunakan pedoman wawancara dan catatan lapangan. Teknik untuk menguji validitas data dengan triangulasi sumber. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja BPBD Kabupaten Tanah Datar dalam memitigasi risiko bencana dalam letusan gunung api marapi belum efektif, di mana masih ada sejumlah aparatur yang belum mampu melakukan pekerjaan mitigasi dan kurangnya pengetahuan aparatur dalam mitigasi letusan gunung api marapi di Kabupaten Tanah Datar, dan jalur evakuasi yang tidak memadai bagi aparatur dan masyarakat untuk bergerak cepat ketika terjadi bencana. Upaya yang dilakukan oleh BPBD dalam mengatasi mitigasi risiko bencana letusan gunung api marapi dengan melakukan studi banding, memberikan pengetahuan bencana kepada aparatur yang tidak mengerti tentang mitigasi bencana, sehingga BPBD dapat memitigasi bencana letusan gunung api marapi dengan baik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Zona, R. M., Lanin, D. and Alhadi, Z. (2019) “EFEKTIVITAS KINERJA BPBD KABUPATEN TANAH DATAR DALAM MELAKUKAN MITIGASI TERHADAP RESIKO BENCANA LETUSAN GUNUNG API MARAPI”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(3), pp. 579 - 586. Available at: https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/96 (Accessed: 28March2024).

Most read articles by the same author(s)