Upaya Keluarga Dalam Melatih Bicara Anak Tunarungu Di Lubuk Begalung Padang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rahmadia Putri Humaira
Zulmiyetri Zulmiyetri

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana upaya keluarga dalam melatih bicara anak tunarungu agar berkomunikasi menggunakan bahasa verbal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan dilakukan di rumah anak penyandang tunarungu. Hasil penelitian ini menemukan bagaimana upaya keluarga dalam melatih bicara anak tunarungu, kendala apa yang di dapat dalam melatih bicara anak tunarungu, dan solusi untuk mengatasi kendala dalam melatih bicara anaktunarungu.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Putri Humaira, R. and Zulmiyetri, Z. (2020) “Upaya Keluarga Dalam Melatih Bicara Anak Tunarungu Di Lubuk Begalung Padang”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(2), pp. 302-308. Available at: https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/277 (Accessed: 29March2024).

References

Nugroho, H. A. 2016. Kemampuan Berintegrasi Sosial Menggunakan Bahasa Isyarat Anak Tunarungu di Kelas III SLB Wiyata Dharma 1 Tempel Sleman, 23(45), 5–24.
Nurmala, D. 2016. Komunikasi Verbal dan Nonverbal Dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar ( Studi Kasus pada Kegiatan Belajar Mengajar di Rumah Bintang Gang Nangkasuni , Wastukencana Bandung ). E-Proceeding of Management, 3(1), 1–8.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Zulmiyetri. 2017. Metoda Maternal Reflektif (MMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Lisan Anak Tunarungu. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(2), 62. https://doi.org/10.29210/117500