Efektivitas Media Quiet Book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Anak Berkesulitan Belajar Membaca

Main Article Content

Indah Annisa
Mega Iswari

Abstract

Peneltian ini membahas tentang efektivitas penggunaan media Quiet Book untuk anak yang mengalami kesulitan dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Penelitian ini berbentuk SSR (Single subject research) atau yang disebut juga subjek tunggal. Tujuan dilaksankan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitasan media quiet book dalam meningkatkan membaca permulaan anak berkesulitan belajar. Desain penelitian menggunakan desain A1-B-A2. Subjek penelitian adalah anak berkesulitan belajar kelas III di SDN 36 Gunung Sarik Padang. Pengumpulan data berupa tes observasi dan tes kemampuan membaca permulaan. Penjabaran hasil data yang didapat dianalisis melalui teknik statistik deskriptif. Analisis data dilakukan melalui dua tahapan yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisis. Hasil analis data menunjukkan bahwasanya media Quiet book efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pirmalaan terhadap subjek berkesulitan belajar membaca dikelas III SDN 36 Gunung Sarik Padang. Kefektivitas dalam menggunakan media quiet book dilihat dari perolehan skor nilai rata-rata pada tes kemampuan membaca subyek pada masing-masing fase. pada fase Baseline 1 (A1) jumlah nilai rata-tata diperoleh 33, Selanjutnya dalam fase intervensi (B) diperoleh jumlah rata-rata dengan nilai 87,67 dan di fase baseline 2 (A2) diperoleh rata-rata dengan hasil 100. Untuk presentase dari overlap pada analisis data antarkondisi (B)/(A1), (A2)/(B) dan (A2)/(A1) adalah 0% yang diartikan bahwa semakin kecil angka presentase di data overlap maka semakin berpengaruh media quiet book dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Annisa, I. and Iswari, M. (2020) “Efektivitas Media Quiet Book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Anak Berkesulitan Belajar Membaca”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(1), pp. 112-117. doi: 10.31933/rrj.v3i1.332.
Section
Education

References

Annisa, R. (2016). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Alat Permainan Education Busy Book/Quite Book Terhadap Kecerdasan Visual-Spasial-Anak. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Sunanto, J. (2005). Pengatar Penelitian Dengan Subjek Tunggal. Bandung: UPI press.

Most read articles by the same author(s)