Efektivitas Media Quiet Book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Anak Berkesulitan Belajar Membaca

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Indah Annisa
Mega Iswari

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan media buku tenang dalam meningkatkan kemampuan membaca awal anak kesulitan belajar. Desain penelitian menggunakan desain A1-B-A2. Subyek penelitiannya sendiri adalah anak-anak dengan kesulitan belajar di kelas III SDN 36 Gunung Sarik Padang yang hanya memiliki satu orang anak. Nantinya hasil data yang terkumpul akan dianalisis melalui dua tahap yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa media buku Tenang efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca berdasarkan subjek kesulitan belajar membaca di kelas III SDN 36 Gunung Sarik Padang. Keefektifan penggunaan media buku tenang dilihat dari perolehan skor rata-rata tes kemampuan membaca subjek pada setiap fase yaitu baseline 1 (A1), intervensi (B), dan baseline 2 (A2) serta jumlah persentase data dari tumpang tindih yang ada pada analisis kondisi dan (B)/(A1), (A2)/(B), dan (A2)/(A1). pada fase Baseline 1 (A1) nilai rata-ratanya adalah 33, kemudian pada fase intervensi (B) nilai rata-ratanya adalah 87,67 dan terakhir pada fase baseline 2 (A2) rata-ratanya adalah 100. persentase overlap dalam analisis data antara kondisi (B)/(A1), (A2)/(B), dan (A2)/(A1) adalah 0% yang artinya semakin kecil angka persentase pada overlap data berarti semakin berpengaruh penggunaan silent book media sebagai intervensi dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan yang merupakan perilaku sasaran.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Annisa, I. and Iswari, M. (2020) “Efektivitas Media Quiet Book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Anak Berkesulitan Belajar Membaca”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(1), pp. 47-52. doi: 10.38035/rrj.v3i1.332.

References

Annisa, R. (2016). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Alat Permainan Education Busy Book/Quite Book Terhadap Kecerdasan Visual-Spasial-Anak. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Sunanto, J. (2005). Pengatar Penelitian Dengan Subjek Tunggal. Bandung: UPI press.

Most read articles by the same author(s)