Pengembangan Permainan Ludo Kimia sebagai Media Pembelajaran pada Materi Pergeseran Kesetimbangan dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rini Fauza
Iswendi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan permainan ludo kimia sebagai media pembelajaran pada materi pergeseran kesetimbangan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya serta menentukan tingkat validitas berdasarkan fungsi media tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model 4-D. Instrumen yang digunakan adalah angket validitas yang diberikan kepada dua dosen kimia FMIPA UNP dan dua guru kimia SMAN 1 Lembah Melintang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kemudian dianalisis menggunakan rumus Kappa Cohen (k). Permainan ludo kimia memiliki tingkat validitas yang sangat tinggi dengan nilai kappa cohen sebesar 0,86. Data tersebut menunjukkan bahwa permainan ludo kimia sebagai media pembelajaran dapat dikembangkan hingga tahap validitas

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Fauza, R. and Iswendi (2021) “Pengembangan Permainan Ludo Kimia sebagai Media Pembelajaran pada Materi Pergeseran Kesetimbangan dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(2), pp. 108-115. doi: 10.38035/rrj.v3i2.370.

References

Arsyad A. (2013). Media Pembelajaran Edisi Revisi. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Boslaugh, Sarah & Watters PA. (2008). Statistics in a Nutshell, a desktop quick reference. Beijing, Cambridge, Famham, Köln, Sebastopol, Taipei, Tokyo: O’reilly.
Hamalik O. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Latuheru JD. (1988). Media Pembelajaran dalam Proses Belajar-Mengajar Masa Kini. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Smaldino, Russel dan L. (2012). Instructional Technolog & Media for Learning (Terjemahan Rahman, A.,). New Jersey: Colombus.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
UNESCO. (1988). Games Toys in The Teaching of Science and Technology. Paris: Division of Science Technical and Enviromental Educations.