Pengembangan Permainan Ludo Kimia sebagai Media Pembelajaran pada Materi Asam dan Basa Kelas XI SMA/MA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rentia Lestari
Iswendi

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan permainan ludo kimia sebagai media pembelajaran alternatif pada materi asam dan basa, serta menentukan tingkat validitas produk berdasarkan fungsi media. Penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4-D adalah jenis penelitian dan model pengembangan yang digunakan. Angket validitas digunakan sebagai instrumen penelitian, data yang didapat dianalisis dengan formula Kappa Cohen (k). Validasi media ludo dilakukan oleh 4 orang ahli yaitu 2 orang dosen kimia FMIPA UNP dan 2 orang guru kimia SMAN 1 Lubuk Basung. Dari analisis data diperoleh momen kappa 0,89 yang menunjukan bahwa tingkat validitas ludo kimia sangat tinggi. Data ini menunjukan permainan ludo kimia yang dikembangkan menggunakan model 4-D yang dibatasi sampai uji validitas pada tahap develop dapat digunakan sebagai media pembelajaran alternatif pada materi asam dan basa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Lestari, R. and Iswendi (2021) “Pengembangan Permainan Ludo Kimia sebagai Media Pembelajaran pada Materi Asam dan Basa Kelas XI SMA/MA”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(2), pp. 116-122. doi: 10.38035/rrj.v3i2.371.

References

Adelia, Rahmawati, A., Wahab Abdi, Syamdul Bardi. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament Menggunakan Media Permainan Interaktif Ludo untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Inshafuddin Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah. I:1-15.
Alwarizna, S., Saadi, P., dan Rusmansyah. (2014). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Latihan Berstruktur dalam Materi Larutan Penyangga Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 6 Banjarmasin. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains. 55(2):55-61.
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Boslaugh, Sarah & Watters., Paul A. (2008). Statisticin a Nutshell, a Desktop Quick Reference. Beijing, Cambridge, Famham, Köln, Sebastopol, Taipei, Tokyo: O’reilly.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Hamalik, Oemar. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Irfan. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Gambar terhadap Kemampuan Bercerita dalam Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII SMA Negeri 4 Sinjai Timur. Makassar. UNM.
Kristiani, D. (2015). Ensiklopedia Negeriku (Permainan Tradisional). Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.
Sudjana, N dan ahmad Rivai. (2011). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Susilana, R dan Cepi Riyana. (2011). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: CV. Wacan Prima.
Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
UNESCO. (1988). Games Toys in the Teaching of Science and Technology. Paris: Division of Science Technical and Environmental Educations.