Pengembangan Trainer Programmable Logic Control (PLC) Berbasis Microcontroller untuk Siswa SMK N 1 Bukittinggi

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Arianto Arianto
Ta'ali

Abstract

Mata pelajaran Programmable Logic Control (PLC) merupakan mata pelajaran praktikum yang membutuhkan trainer sebagai media untuk interaksi antara guru dan siswa.. trainer yang ada di SMK N 1 bukittinggi masih tergolong belum praktis dan efektif. Untuk itu perlu adanya pengembangan Trainer PLC berbasis Microcontroller yang valid, praktis dan efektif sebagai penunjang dalam praktikum PLC. Jenis Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development), yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu Define, Designe, Develop,Disseminate. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah Trainer PLC berbasis Microcntroller yang valid, Praktis dan Efektif sebagai media praktikum pada mata pelajaran PLC.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Arianto, A. and Ta’ali (2020) “Pengembangan Trainer Programmable Logic Control (PLC) Berbasis Microcontroller untuk Siswa SMK N 1 Bukittinggi”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(2), pp. 105-110. Available at: https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/241 (Accessed: 20April2024).

References

Budiyanto Muhammad dkk. (2006). Pengenalan dasar dasar PLC. Yogyakarta: gavamedia
Riduwan. 2013. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung : Alfabeta
Ridwan M, 2019. Pengembangan Jobsheet Mikrokontroler Dengan Pemograman Ldmicro.Skripsi.UNP
Sugiyono. 2017. Metode penelitian Pendidikan : pendekatan kuantitatif pendekatan kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Trianto. 2009. Pengantar penelitian Pendidikan bagi pengembangan profesi Pendidikan dan tenaga kependidikan. Surabaya: Kencana
Warsita Bambang, 2008. Teknologi Pembelajaran, Landasaan dan aplikasinya. Jakarta:Rineka Cipta