Pengembangan Modul Programmable Logic Controller (PLC) dan Pneumatik untuk Siswa SMK N 1 Bukittinggi

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rizky Armanda
Ta'ali

Abstract

Modul adalah suatu bahan ajar yang melengkapi segala kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan siswa sehingga siswa lebih bisa belajar mandiri dengan meminimalkan arahan dari guru. Berdasarkan observasi di SMK Negeri 1 Bukittinggi, modul pembelajaran PLC dan  pneumatik belum praktis dan efektif, sehingga perlu dilakukan pengembangan modul pembelajaran PLC dan pneumatik untuk siswa di sekolah tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan metode pengembangan 4-D. Model pengembangan 4-D ( Trianto, 2010:93-96 ) mempunyai empat tahapan dalam pengembangannya, yaitu tahap I ( define ), tahap II ( design ), tahap III ( develop ) dan tahap IV ( disseminate ). Hasil yang didapatkan dari penelitan ini adalah modul pembelajaran PLC dan pneumatic  yang dikembangkan dikategorikan sangat valid, sangat praktis dan efisien.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Armanda, R. and Ta’ali (2020) “Pengembangan Modul Programmable Logic Controller (PLC) dan Pneumatik untuk Siswa SMK N 1 Bukittinggi”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(2), pp. 138-143. Available at: https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/247 (Accessed: 25April2024).

References

Arief. F. Sadiman. 2009. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Firman. 2018. Pengembangan Trainer Elektropneumatik pada Mata Kuliah Praktikum Sistem Pengaturan (PLC dan Pneumatik) di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang.
Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung. Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2009. Pengantar penelitian Pendidikan bagi pengembangan profesi Pendidikan dan tenaga kependidikan. Surabaya: Kencana