Efektivitas Modifikasi Permainan Boling untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Autisme di SLB Autisma YPPA Padang

Main Article Content

Putri Radila
Ardisal

Abstract

Penelitian ini mengungkap tentang Autis di SLB YPPA Padang yang mengalami masalah pada kemampuan motorik halus yaitu koordinasi mata, tangan dan kaki dalam melempar secara terarah. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah permainan boling efektif untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak autis. Metode penelitian yang digunakan yaitu Single Subject Research dengan menggunakan desain A-B-A. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan melalui tes perbuatan dan studi dokumentasi yang diamati langsung dilakukan selama 18 kali pertemuan. Kondisi baseline (A1) untuk mengetahui kondisi awal kemampuan motorik halus anak autis, selanjutnya diberikan intervensi (B) atau perlakuan dengan menggunakan permainan boling dan dilanjutkan dengan kondisi baseline (A2) sebagai fase kontrol untuk mengetahui kemampuan motorik halus anak setelah diberikan intervensi atau perlakuan. Kemudian data diolah menggunakan presentase dan teknik analisis data visual grafik. Peneliti ini melakukan analisis data yaitu pada A1 kondisi awal kemampuan motorik halus anak memperoleh hasil 22,22%, pada kondisi B anak diberikan perlakuan melalui permainan boling diperoleh hasil 88,88%. Selanjutnya pada kondisi A2 pengamatan kemampuan anak setelah tidak diberikan permainan (perlakuan) memperoleh hasil 88,88%. Dari hasil tersebut diketahui kemampuan anak mengalami peningkatan menggunakan permainan boling

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Radila, P. and Ardisal (2020) “Efektivitas Modifikasi Permainan Boling untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Autisme di SLB Autisma YPPA Padang”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(2), pp. 193-201. Available at: https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/259 (Accessed: 2July2020).
Section
Education

References

Ardisal, Taufan, J., Damri, & Arise. (2018). Pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif bagi anak dengan hambatan fisik dan motorik, 2(2003), 19–24.
Arikunto, S. (2005). Manajemen Penelitian. PT. Asdi Mahastya: Jakarta.
Arum Sulistianingsih. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Melempar Bola Secara Terarah Melalui Bermain Bowling Sederhana pada Anak Kelompok A di TK Widya Losari Ngaglik Sleman, (September), 35-40.
Eka Nur Rahmawatu Kurnialita. (2013). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Bowling Pada Siswa Kelompok A1, (September), 28-39.
Iskandar. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: Gaung Persada Press.
Julianti, & Fatmawati (2018) Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Autis Melalui Keterampilan Shibori Kelas VII di SLB Autisma YPPA Padang, (September), 20-22.
Sunanto, J. (2005). Pengantar Penelitian dengan Subyek Tunggal. Bandung: UPI Press.
Sunardi, & Sunaryo. (2015) Intervensi Dini Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung:Jurusan PLB FIP UPI