Model Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs dalam Meningkatkan Keterampilan Membuat Sepatu Rajutan bagi Anak Tunarungu

Main Article Content

Vebby Noflia Anggraini
Ardisal

Abstract

Penelitian ini mengulas tentang model pembelajaran practice rehearsal pairs dalam meningkatkan keterampilan membuat sepatu rajutan bagi anak tunarungu. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat peningkatan kemampuan vokasional anak tunarungu dalam membuat sepatu rajutan melalui model pembelajaran practice rehearsal pairs. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus,. Pada setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan, yang mana disetiap pertemuannya dilakukan evaluasi. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam beberapa tahapan yaitu, perencanaa, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian  ini terdiri dari empat orang anak, dimana setiap dua orang anak dipasangkan menjadi satu kelompok. Anak SR dipasangkan dengan D sedankan MR dipasangkan dengan S. Hasil akhir penelitian ini menunjukkan bahwa SR, D, MR dan S secara umum sudah bisa mempraktekkan langkah-langkah membuat sepatu rajutan dengan benar. Jadi tebukti model pembelajaran practice rehearsal pairs dapat meningkatkan keterampilan membuat sepatu rajutan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Noflia Anggraini, V. and Ardisal (2020) “Model Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs dalam Meningkatkan Keterampilan Membuat Sepatu Rajutan bagi Anak Tunarungu”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(2), pp. 325-331. Available at: https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/280 (Accessed: 10August2020).
Section
Education

References

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2010). Penelitian Tindakan Kelas (9th ed.). Jakarta: Bumi Aksara.
Kustawan, D., & Meimulyani, Y. (2013). Mengenal Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus Serta Implementasinnya. Bandung: PT. Luxima metro Media.
muchlis. (2014). Melaksanakan PTK Itu Mudah. Jakarta: Bumi aksara.
Muspita, R., Safaruddin, Ardisal, & Sopandi, A. A. (2018). Pembelajaran Keterampilan Membuat Ikan Bakar Bagi Anak Hambatan Pendengaran. Jurnal Penidikan Kebutuhan Khusus, Vol 2 No 2, 48–50.
Sanjaya, W. (2013). Penelitian Tindakan Kelas Jenis, Metode dan Prosedur (Pertama). Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Most read articles by the same author(s)