Pelaksanaan Pembinaan Pendidikan Karakter Pada Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif di SD N 09 Koto Luar

Main Article Content

Retna Yulita
Ardisal

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dari pelaksanaan pembelajaran pendidikan karakter di SD Negeri 09 Koto Luar. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang pembinaan pendidikan karakter di SD Negeri 09 Koto Luar Padang yang berkaitan dengan proses dan kebijakan sekolah dalam memberikan dukungan terhadap pelaksanaan pembinaan pendidikan karakter di SD Negeri 09 Koto Luar Padang. Metodologi dalam penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan sampel adalah purpositive sampling dengan jumlah sampel 10 orang guru yang mengajar dan para personil sekolah lainnya. Teknik pengumpulan data melalui8 observasi, wawancara dan dokumentasi yang berkaitan dengan pelaksanaan pendidikan karakter di SD Negeri 09 Koto Luar. Dari hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa pelaksanaan pendidikan karakter di SD Negeri 09 Koto Luar melalui pembiasaan seperti religius, disiplin dan peduli lingkungan sudah berjalan dengan bagus dan memberikan dampak yang positif bagi perkembangan karakter anak. Disarankan keada guru, pihak sekolah lebih memperhatikan jalannya pendidikan karakter agar pelaksanaannya di sekolah menjadi maksimal dan benar-benar bermanfaat bagi anak-anak generasi penerus bangsa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Yulita, R. and Ardisal (2020) “Pelaksanaan Pembinaan Pendidikan Karakter Pada Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif di SD N 09 Koto Luar”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(2), pp. 332-338. Available at: https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/281 (Accessed: 10August2020).
Section
Education

References

Doni Koesoema A. (2010). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
Kemdiknas. 2010. Kerangka Acuan Pendidikan Karakter Tahun Anggaran 2010. Dirjen Dikti. Jakarta: Kemdiknas.
Margono. (1996). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Pupuh Faaturrahman dan Sobry Sutikno, 2007, Strategi Belajar Mangajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Islami, Refika Aditama, Bandung.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sofan Amri, Ahmad Jauhari, dan Tatik Elisah. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran “Strategi Analisis dan Pengembangan Karakter Siswa dalam Proses Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Most read articles by the same author(s)