Strategi Kepemimpinan Camat dalam Peningkatan Kinerja Pegawai di Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Marni Yuniza
Nurul Aini
Rima Utari
Rini Dwi Putri
Syamsir Syamsir

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi kepemimpinan camat dalam meningkatkan kinerja pegawai di Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman, sekaligus mengetahui tentang berbagai kendala atau permasalahan yang muncul dalam upaya peningkatan kinerja pegawai tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yang menjabarkan penelitian berdasarkan penggambaran keadaan yang sebenarnya. Penelitian ini dilakukan pada pegawai di Kantor Camat Batang Anai, dengan Teknik Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara pada Kepala Camat beserta tiga kepala divisi dan sekretaris camat yang ada di Kantor Camat Batang Anai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kepemimpinan yang digunakan Camat Batang Anai dalam meningkatkan kinerja pegawai adalah dengan beberapa poin penting yang meliputi : (1)strategi penempatan pegawai dengan mengutamakan keahlian dan kedisiplinan, (2)strategi pengambilan keputusan melalui musyawarah, dan (3)strategi pemberian perintah melalui sosialiasi awal dan dilandaskan oleh kemampuan pegawai. Strategi yang diterapkan sejauh ini masih menemui beberapa kendala sehingga perlu mendapat penanganan yang lebih lanjut, agar dapat optimal dalam meningkatkan kinerja pegawai di Kantor Camat Batang Anai.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Yuniza, M., Aini, N., Utari, R., Dwi Putri, R. and Syamsir, S. (2022) “Strategi Kepemimpinan Camat dalam Peningkatan Kinerja Pegawai di Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 4(4), pp. 326-332. doi: 10.38035/rrj.v4i4.546.

References

Badu, Syamsu Q. dan Novianty Djafri. 2017. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Gorontalo: Ideas Publishing.
Chaniago, Aspizain. (2017). Pemimpin dan Kepemimpinan (Pendekatan Teori dan Studi Kasus). Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia.
Fitriani, Laksmi. (2007). Kepemimpinan dan pelayanan dalam organisasi publik. Jurnal Ilmu Administrasi Voume 4 Nomor 4 halaman 396-404
Hasibuan. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Huseno, Tun. (2016). Kinerja Pegawai: Tinjauan dari Dimensi Kepemimpinan, Misi Organisasi, Budaya Organisasi, dan Kepuasan Kerja. Malang: Tim MNC Publishing
Rindah. (2017). Analisis kinerja aparat sipil negara (ASN) di dinas pendidikan dan kebudayaan daerah provinsi sulawesi tengah. Jurnal Katalogis Volume 5 Nomor 1 Januari 2017 halaman 109-119.
Sahadi, dkk. (2020). Karakter kepemimpinan ideal dalam organisasi. Jurnal Moderat Volume 6 Nomor 3 halaman 513-524
Tsauri, Sofyan. 2014. Manajemen Kinerja Performance Management. Jember: STAIN JEMBER PRESS.
Wirawan. (2009). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia: Teori, Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.

Most read articles by the same author(s)