PERANAN PEMIMPIN DALAM PENINGKATAN KEPUASAN KERJA DI KECAMATAN MANDIANGIN KOTO SELAYAN KOTA BUKITTINGGI

Main Article Content

Ayu Angraini
Bulan Shakira Efendy
Dianatul Munawarah
Handayani Nurqoriah
Irma Santi Laoli
Syamsir Syamsir

Abstract

Salah satu aspek penting yang berpengaruh pada keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuan adalah kepuasan kerja karyawan atau anggota organisasi,dalam hal ini pemimpin berperan penting untuk meningkatkan kepuasan kerja tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganaslisis perananan pemimpin dalam menciptakan dan meningkatkan kepuasan kerja. Penelitian ini dilakukan di Kec. Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif yang dilakukan secara langsung dengan cara melihat dan menganalisis fakta di lapangan. Teknik untuk mengumpulkan data yaitu melalui wawancara dan observasi. Setelah data terkumpul maka dilakukan analisis terkait permasalahan yang ada kemudian akan diambil kesimpulan tentang bagaimana peranan pemimpin pada peningkatan kepuasan kerja pada Kec. Mandiangin Koto Selayan Bukittinggi. Hasil penelitian yang dilakukan di Kec. Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi menunjukan bahwa tingkat kepuasan kerja pegawai masih tergolong kurang baik atau belum maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Angraini, A., Shakira Efendy, B., Munawarah, D., Nurqoriah, H., Santi Laoli, I. and Syamsir, S. (2022) “PERANAN PEMIMPIN DALAM PENINGKATAN KEPUASAN KERJA DI KECAMATAN MANDIANGIN KOTO SELAYAN KOTA BUKITTINGGI”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 5(1), pp. 72-78. doi: 10.31933/rrj.v5i1.574.
Section
Sosial Sciences

References

Armanu Thoyib, 2005. Hubungan Kepemimpinan, Budaya, Strategi, dan Kinerja : Pendekatan Konsep, Jurnal Manajemen dan kewirausahaan, Vol. 7, No. 1, Maret 2005.
As’ad, Mohamad. 2004. Psikologi Industri. Liberty: Yogyakarta.
Farhan Muhammad. 2021. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Tenaga Kerja Untuk Meningkatkan Kinerja Pegawai, Vol.8 : 657-663.
Hapsari, R., Astuti, R., dan Anggarini, S. (2014). Pengaruh Faktor-Faktor Kepuasan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan (Studi Kasus di Bakso Bakar Pahlawan Trip, Malang). Jurnal Lulusan TIP FTP UB.
Harahap Ramadhan. 2017. Analisa Kepuasan Kerja Karyawan Di CV. Rezeki Medan. Jurnal Manajemen Tools, Vol. 8 : 97-102.
Hasibuan, M. S. P. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi Jakarta: Bumi Aksara. Jakarta: Bumi Aksara.
Landy, F.J. (1999). Psychology of work behaviour; 6th Edition. Belmont: Cole.
Mangkunegara Anwar Prabu, 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Cetakan Keenam, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Riyanti, Dewi. 2012. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan AJB Syariah Bumiputera Cirebon. Skripsi. Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, Cirebon.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>