Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Di Kelas X SMK Negeri 1 Bukittinnggi

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Suci Aldila
Riki Mukhaiyar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penerapan Modul Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Di SMK Negeri 1 Bukittinggi . Hasil belajar siswa yang masih rendah yang diakibatkan oleh faktor model pembelajaran yang kurang bervariasi dalam menimbulkan semangat belajar dan menuntun peran aktif siswa. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian dengan penerapan model pembelajaran problem based learning untuk melihat Efektivitas terhadap hasil belajar siswa. Penelitian  ini  menggunakan jenis  penelitian eksperimen yang dikategorikan ke dalam jenis penelitian pre experimental Design dengan desain One Group Pretest Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKL 1 SMK Negeri Smk Negeri 1 Bukittinggi pada tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 36 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument tes berupa soal objektif. Pretest sebagai data awal sebelum penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dan posstets sebagai data setelah penerapan modul pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Effect Size. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest sebelum menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning sebesar 62,59 dan nilai rata-rata posttest sebesar 82,76. Dari perhitungan Effect Size, dimana nilai Effect Size antara pretest dengan posttest sebesar 1,28 dengan kategori besar, artinya teradapat efektivitaspenerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di kelas X TKL 1 SMK Negeri 1 Bukittinggi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Aldila, S. and Mukhaiyar, R. (2020) “Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Di Kelas X SMK Negeri 1 Bukittinnggi”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(2), pp. 51-57. Available at: https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/233 (Accessed: 29March2024).

References

Anas Sudijono. 1995. Pengatar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Rajawali Pers.
Andhika Eko Prasetyo Hardi. 2016. “Pengunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Maket Pada Pelajaran Konstruksi Bangunan Atap Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TGB (SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo)”. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan. Hlm 145-150.
Didik Juliawan. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasih Masalah Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kuta Tahun Pelajaran 2011/2012”. Jurnal. Hlm 1-17.
Jamil Suprihatiningrum. 2016. Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Kentjil, Wiwi Irjanty. 2010. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif. Diakses pada 25 Juli 2019, dari http://ajatzatnika.com/
Mukhaiyar, R. (2010). Elektronika Analog dan Digital.
Mukhaiyar, R., Irfan, D., Hambali, Frismelly, A., Utari, N. 2019. Enrichment in the Electrical Engineering Vocational and Education (EEVE) Study Program by Augmenting the Image Processing Study Course. Journal of Physics: Conference Series: 1387 (2019) 012013, pp. 1-6.
Mulyasa. 2006. Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Nana Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nana Syaodih Sukmadinata. 2011. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ni Nyoman Sri Lestari. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika Bagi Siswa Kelas VII SMP”. Jurnal. Hlm 1-21.
Oemar Hamalik. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Bumi Aksara.
Peraturan mentri pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia Nomor 65 tahun 2013 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah (2013).
Rizal, F., Abdullah, R., Silalahi, J., & Gusmareta, Y. (2017). Student Competency Model of Vocational High School.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Bandung: Rajawali Pers.
Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: PT. Tarsito.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Tomi Utomo dkk. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasih Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa (Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMPN 1 Sumbermalang Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2012/2013)”. Jurnal Edukasi Unej. Hlm 5-9.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencana.
Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>