Perancangan Konveyor Pengangkut Buah Semangka Berdasarkan Berat Berbasis Microkontroller

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Adhitya Redza Marjan
Riki Mukhaiyar

Abstract

Saat musim panen semangka tiba. Petani Semangka harus bekerja ekstra untuk memindahkan, menimbang, dan memilah hasil panennya. Dengan semakin majunya ilmu pengetahuan dan teknologi dalam dunia pertanian maka diperlukan suatu teknologi yang dapat memberikan kemudahan kepada para petani semangka. Salah satu teknologi tersebut adalah conveyor untuk mengangkut semangka dimana alat ini dapat memindahkan, menimbang dan menyortir buah semangka. Alat ini menggunakan modul Arduino Uno 328p sebagai pusat kendali alat, sensor load cell untuk mengukur berat buah semangka, dan motor servo untuk menyortir buah semangka. Berdasarkan hasil pengukuran dan analisa yang telah dilakukan pada alat konveyor buah semangka dapat bekerja dengan harapan penanganan, penimbangan, dan penyortiran buah semangka sesuai dengan berat yang telah ditentukan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Marjan, A. R. and Mukhaiyar, R. (2020) “Perancangan Konveyor Pengangkut Buah Semangka Berdasarkan Berat Berbasis Microkontroller”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(1), pp. 1-7. doi: 10.38035/rrj.v3i1.348.

References

Suhendra, I., & Pambudi, W. S. (2015). Aplikasi Load Cell Untuk Otomasi Pada Depot Air Minum Isi Ulang. Jurnal Sains dan Informatika, 1(1), 11-19.
Nadhif, M. (2015). Aplikasi Fuzzy Logic Untuk Pengendali Motor DC Berbasis Mikrokontroler ATMega8535 Dengan Sensor Photodioda. Disertasi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Arifin, J., & Zulita, L. N. (2016). Perancangan Murottal Otomatis Menggunakan Mikrokontroller Arduino Mega 2560. Jurnal Media Infotama, 12(1).
Utomo, S. N., Winarso, R., & Qomaruddin, Q. (2019). Rancang Bangun Conveyor Mesin Planer Kayu Dengan Sistem Penggerak Motor Stepper. JURNAL CRANKSHAFT, 2(1).

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>